Tahapan Pengurusan Pendirian CV | Mulai 3 Jutaan

Bisnis

article cover

08 October 2021

Pendirian CV Mulai 3 Jutaan

Pada saat ini, tampaknya semua orang sedang berlomba-lomba untuk membangun usahanya. Terlepas dari bidang usahanya, badan usaha terbagi menjadi 2, yaitu PT (Perseroan Terbatas) dan CV (Commanditaire Vennootschap). CV (Commanditaire Vennootschap) atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut Persekutuan Komanditer merupakan kerjasama yang didirikan oleh seseorang yang menitipkan uang atau barangnya kepada orang lain untuk menjalankan bisnisnya atau lebih sering disebut pemimpin. Namun dalam mendirikan CV, Anda tidak hanya memerlukan uang atau modal dan barang, Anda perlu melakukan berbagai tahapan. Nah, jika Anda ingin memulai CV, berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai tahapan pengurusan pendirian CV.

Pengecekan dan Pem-booking-an Nama

Langkah utama untuk mendirikan usaha berbentuk CV, yaitu melakukan pengecekan dan juga pem-booking-an nama yang diajukan perusahaan, yang kemudian akan dipesan oleh Notaris. Adapun dalam proses penamaan CV ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Penamaan CV tidak bisa sama dengan nama CV lain
  • Penamaan CV bisa lebih fleksibel ketimbang PT. Penamaan CV bisa terdiri dari dua suku kata dan tidak harus berbahasa Indonesia.

Setelah nama CV ditentukan dan diajukan, maka Notaris akan mengecek nama tersebut di sistem AHU (Administrasi Hukum Umum). Selanjutnya, Notaris akan membuatkan Draft Akta Perusahaan untuk ditandatangani.

Pembuatan Draft Akta Oleh Notaris

Langkah berikutnya, Notaris akan membuatkan draft akta perusahaan CV dengan meng-input data yang telah ditentukan oleh pemilik, berupa

  1. Nama CV
  2. Tempat dan Kedudukan
  3. Maksud dan Tujuan (Bidang Usaha)
  4. Modal Perusahaan serta Kepemilikan Modal
  5. Struktur Kepengurusan Perusahaan

Finalisasi dan Tanda Tangan Akta

Setelah semua urusan draft telah selesai, kemudian Akta akan ditandatangani oleh Persero Aktif dan Persero Pasif di hadapan Notaris. Kedua bidang perseroan tersebut harus hadir. Jika berhalangan hadir, bisa diatasi dengan memberikan surat kuasa kepada pihak lain untuk menggantikan kehadiran pemegang saham tersebut. Meskipun demikian, dalam pelaksaannya, Notaris mewajibkan kedua pihak perseroan untuk datang, setidaknya Persero Aktif untuk hadir dan kemudian melakukan tanda tangan. Setelah itu, akan dibuat salinan Akta tersebut oleh Notaris dan mendaftarkannya di Kemenkumham. Selanjutnya, Anda sebagai pemilik usaha akan mendapatkan surat Keterangan Terdaftar dari Kemenkumham yang menyatakan bahwa perusahaan telah terdaftar resmi oleh Negara. Dalam proses ini, Notaris juga akan mendaftarkan NPWP Perusahaan pada KPP yang bertanggung jawab sesuai domisili yang terdaftar pada Akta.

NPWP dan SKT Perusahaan

Setelah NPWP selesai didaftarkan dan semua syarat dianggap cukup, maka Kartu NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan SKT (Surat Keterangan Terdaftar) akan dikeluarkan oleh KPP (Kantor Pelayanan Pajak). Di sini, KPP akan mengecek terlebih dahulu apakah data penanggung jawab pada NPWP Perusahaan tersebut sudah benar, memiliki format NPWP pribadi terbaru, dan tidak memiliki tunggakan pajak.

Pendaftaran NIB

Nomor Induk Berusaha (NIB) merupakan nomor yang berfungsi sebagai pengenal bagi pelaku usaha. NIB berguna untuk menggantikan TDP, API, NIK, serta RPTKA jika diperlukan. Adapun pendaftaran NIB dilakukan melalui sistem OSS (Online Single Submission).

Pengajuan Izin Usaha dan Izin Komersial

Izin Usaha merupakan salah satu dokumen wajib untuk mendirikan perusahaan atau badan usaha. Ini berguna untuk menggantikan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan). Izin Usaha terlebih diajukan sebelum izin komersial. Sedangkan, izin komersial adalah dokumen wajib untuk mendirikan perusahaan atau badan usaha yang berfungsi untuk para pelaku usaha atau badan usaha yang kegiatan operasionalnya membutuhkan izin khusus. Jika telah melewati semua langkah tersebut, maka pendirian CV telah berhasil dilakukan.

Itulah tahapan pengurusan pendirian CV. Penting bagi para pebisnis untuk memahami tentang tahapan pendirian CV ini jika Anda ingin perusahaan atau CV Anda berjalan dengan baik dan lancar. Nah, untuk Anda yang berencana mendirikan CV, Anda bisa menggunakan jasa pendirian CV dari PT. Legal Solusi Digital (EXACTLEGAL).

PT. Legal Solusi Digital (EXACTLEGAL)

PT. Legal Solusi Digital (EXACTLEGAL) adalah suatu badan yang bergerak selaku penyedia jasa legal secara online. Kami memiliki semangat untuk membantu para pengusaha baru yang ingin memulai usahanya, baik di lingkup mikro, kecil, maupun menengah (UMKM). Kami menyediakan berbagai layanan untuk memudahkan Anda. Salah satunya adalah layanan pendirian CV. Berikut ini adalah daftar layanan pendirian CV kami.

Silver Package CV

  • Akta Pendirian & SK Kemenkumham

Rp 3.500.000

Gold Package CV

  • Akta Pendirian & SK Kemenkumham
  • NIB & Sertifikat Standar 
  • NPWP & SKT

Rp 6.500.000

Platinum Package CV

  • Akta Pendirian & SK Kemenkumham
  • NIB & Sertifikat Standar
  • NPWP & SKT
  • Virtual Office (Alamat Kantor dan Jasa Penerimaan Surat (Sewa Selama 1 Tahun))

Bonus:

  • Pelaporan LKPM 1 Triwulan

Rp 9.500.000

Untuk info lebih lengkap mengenai layanan pendirian CV dari PT. Legal Solusi Digital (EXACTLEGAL), Anda bisa kunjungi laman web kami di https://exactlegal.id/services/category/detail/pendirian-cv-commanditaire-venootschap

OTHER ARTICLE

sticky-logo